Oleh: yoppybagusbudiarto | 16 Maret 2010

PERKEMBANGAN PERANGKAT MULTIMEDIA

Beberapa tahun yang lalu kebutuhan pada alat telekomunikasi seperti telepon belum seperti sekarang, terutama di kota besar. Ketika jalan-jalan semakin macet dan waktu terasa semakin pendek, komunikasi melalui telepon menjadi kebutuhan yang tak terelakkan untuk tetap lancar dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Padahal sepuluh tahun yang lalu itu sedikit yang menyadari bahwa telepon adalah kebutuhan mutlak pada beberapa tahun mendatang di kota-kota besar. Demikian juga keberadaan Personal Computer (PC) yang sekarang seperti peralatan audio system atau TV berwarna di rumah-rumah pada 10 tahun yang lalu. Atau sekarang kebutuhan akses ke internet bagi kantor-kantor dalam rangka agar tidak tercerabut dari trend dari bidang yang digelutinya serta untuk mendapatkan layanan e-mail yang mulai menggantikan fax machine. Perlahan tapi pasti layanan interractive data communication seperti Internet ini akan mengulang sejarah yang sama bagi telepon atau PC beberapa tahun lampau. Itu memang sudah nampak dari usaha-usaha yang telah dilakukan untuk mengembangkan layanan ini. Contohnya adalah WEB TV yang sekarang sudah dipasarkan. WEB TV adalah layanan internet melalui pesawat TV bukan melalui PC. Dengan menambahkan beberapa peralatan tambahan, modem, remote control atau keyboard dan dihubungkan dengan telephone line atau antena microwave/satelit maka jadilah pesawat TV biasa sebagai layar monitor untuk menjelajahi jaringan informasi seluruh dunia internet. Bayangkan saat itu di mana ibu-ibu rumahtangga menjelajahi internet untuk berbelanja fashion, makanan, jasa perjalanan, bahkan ramalan cuaca dan lain-lain. Juga akan bertumbuhan usaha-usaha yang berbasis rumah yang sebagian dikelola oleh para ibu rumah tangga, seperti jasa layanan komputer, jual-beli barang, disain graphis, arsitektur, kesehatan, konsultasi, penitipan anak yang bisa dikontrol melalui jaringan multimedia dan lain-lain.

Perkembangan multimedia dalam beberapa tahun belakangan ini telah melahirkan suatu pertanyaan malu-malu, yaitu apakah yang terjadi dengan pembatasan terhadap akses informasi dan kebebasan berekspresi yang dulu diberlakukan? Harus diakkui, perlahan, kemilau dari kemajuan teknologi multimedia terutama dari 5 broadcast TV swasta telah mempurukkan pembatasan itu. Maka pertanyaan berikutnya adalah: kemanakah arah perkembangan multimedia 5 tahun mendatang? Atau: kemanakah arah peradaban manusia? Jawabannya mungkin akan bergantung pada kemana kita akan mengarahkannya.

Salah satu contoh dari perkembangan multimedia ini adalah perkembangan komputer.

Komputer MITS Altair 8800 (tahun 1975)


Altair 8800 memiliki prosesor 2 MHz Intel 8080, memori sebesar 256 bytes, dan dapat ditambah hingga maksimum 64 KB. Sangat berbeda dengan PC sekarang yang berjalan di atas 2 GHz, dengan RAM mini¬mum 256 MB, dan Untuk media penyim¬panan, Altair menawarkan 8″ floppy disk atau kaset eksternal. PC ini tidak seperti PC yang kita temui sekarang, sebab PC ini tidak mempunyai monitor, keyboard, mouse, sistem operasi, bahkan software aplikasi. Untuk memprogramnya, Anda harus mengerti bahasa mesin, yang berarti mengubah dudukan saklar yang be¬nar dan melihat lampu LED yang berhubungan menyala.

Komputer Aplle II (1977)

Sebelumnya ada Apple I (diproduksi sekitar tahun 1976). Namun, hanya berbentuk papan sirkut seperti motherboard saat ini. Untuk menyusun­nya, Anda harus ahli dalam biclang elek­tronik. Dan pada tahun 1977 Apple II telah muncul dengann mempunyai keyboard, monitor, dan media penyimpanan. Komputer ini ju­ga mempunyai sistem operasi dan soft­ware aptilkasi. Untuk menggunakannya, Anda tidak harus menjadi ahli elektronika, tetapi Anda harus kaya! Sebab, harganya sekitar US$ 1298 (dengan RAM 4 K) dan US$ 2638 (dengan RAM 48 K memory). Perangkat ini sangatlah mahal. Dengan harga yang disebutkan tadi, Anda mendapatkan perangkat dengan teknologi paling terdepan pada masa itu, yakni monitor 6 warna, prosesor 1 MHz, dan 8 slot ekspansi. Awalnya, PC ini menggunakan media penyimpanan kaset, tetapi di tahun 1978 floppy disk ek­sternal dengan kapasitas 143 K telah tersedia. Kesuksesan Apple II dilanjutkan de­ngan kehadiran Apple II Plus (1979) dan Apple Ile (1983). Keduanya mirip dengan Apple II, dengan beberapa tambahan dan fitur baru. Satah satunya, Ile, yang mem­punyai keypad numerik di sisi kanan key­board. Apple terns memproduksi dan menjual Apple Ile sampai tahun 1993, menjadikan seri ini menjadi sejarah ter-senclin selama 15 tahun.

Komputer IBM PC ( tahun 1981)

IBM PC yang asli dikeluarkan pada bu­lan Agustus 1981, yang hanya mempunyai memori sebesar 16 KB, belum memiliki hard disk, dan menggunakan media pe­nyimpanan kaset dan floppy. Karena de­sainnya yang ‘terbuka’, PC ini sangat mu­dah di-upgrade. PC ini mempunyai ‘slot ekspansi’ pada papan sirkuit utamanya (motherboard). Artinya, Anda dapat me­nambah kemampuannya dengan mema­sukkan papan sirkuit mini khusus (disebut “card”) ke dalam slot ini. Misalnya, menonton TV kabel dari PC dengan me­nambahkan card TV tuner. Selain mudah dikembangkan, faktor lain yang memberikan kontribusi kepada suksesnya PC adalah prosesor Intel. Melalui riset yang berkesinambungan, In­tel menaikkan kemampuan prosesor 2 kali lipat setiap 18 bulan. Jadi, PC yang lebih canggih muncul setiap 2 tahun. Se­jalan perkembangan prosesor Intel, muncul sistem operasi Windows versi ter­baru, software aplikasi, dan peningkatan kemampuan hardware.

Komputer Compaq PC ( tahun 1983)

Sejak desain IBM PC dibuat terbuka, pa­brikan lain mulai mengikuti dan menge­luarkan PC buatan mereka, salah satunya adalah Compaq (sekarang telah berga­bung dengan Hewlett-Packard) yang me­ngeluarkan Compaq Portable. PC berukuran kopor ini mempunyai monitor monochrom dengan ukuran 9 inci dan dua floppy drive berukuran 320 KB. Seperti IBM PC, Compaq juga menggu­nakan sistem operasi MS DOS. PC ini mempunyai 2 port paralel dan 1 port serial untuk koneksi ke perangkat eksternal. Se­mentara untuk memory, 128 KB dapat ditambah sampai dengan 640 KB. Walaupun terdapat peningkatan dalam hal penyimpanan dan memory-nya, perangkat ini tidak dilengkapi dengan hard disk. Harga Compaq Portable ini sebesar US$ 3590 pada bulan Maret 1983. Harga yang cukup tinggi untuk portabititas. Ada beberapa versi dari Compaq Portable; Dada tahun 1987 versi ketiga dilengkapi dengan hard disk berukuran 20 atau 40 MB.

Dominasi Komputer IBM PC ( tahun 1983-1989)

IBM mengeluarkan versi terbaru PC-nya di tahun 1983. IBM PC XT yang  telah mempunyai harddisk dengan kapasitas 10 MB, memory 128 KB, dan 360 KB floppy drive. Harganya sekitar US$ 5.000. IBM kemudian membu­at lebih banyak peningkatan dan mengeluarkan IBM PC AT 286 pada tahun 1984. PC ini menggunakan prosesor Intel 6 MHz (80286). Peningkatan lainnya adalah hardisk berkapasitas lebih dari 20 MB. Seri PC AT diteruskan dengan AT 386 ditahun 1986 dan AT 486 ditahun 1989. Keduanya mempunyai kelebihan pada memory dan kecepatan prosesor. Seri AT 386 juga merupakan PC pertama yang menggu­nakan prosesor 32-bit (80386) dan mendukung multitasking (menjalankan beberapa aplikasi bersamaan). Yang membuat PC 386 pertama kali adalah Compaq, bukan IBM. Salah satu terobosan dengan 486 adalah adanya 1 MB memory cache dalam chip-nya sendiri. IBM juga bereksperimen dengan type PC yang gagal atau kurang sukses seperti IBM PCjr, IBM convertible, dan IBM Portable.

Komputer Commodore Amiga 1000 ( tahun 1985)

Amigo 1000 merupakan computer multimedia tercangih yang banyak diminati oleh ani­mator dan desainer grafis saat itu. PC ini memiliki monitor berwarna, mendukung suara stereo 4-kanal, mempunyai port un­tuk joystick dan video, serta mendukung video mode sampai 4.096 warna. Sistem operasi Amiga DOS juga menawarkan in­terface grafis yang mendukung multitask­ing. Walaupun teknologi Amiga lebih ung­gul, namun gagal karena arsitekturnya yang proprietary dan pemasaran yang bu­ruk. Perangkat ini juga tidak kompatibel dengan sistem operasi MS-DOS dan de­sain IBM PC pada umumnya.

Komputer IBM PS/2 ( tahun 1987)

Setelah sukses dengan PC, IBM memiliki rencana ambisius mengenai generasi selanjutnya dari PC. Seri ini dinamakan PS/2 (Personal System/2), dan pertama kal dirilis  pada tahun 1987. PS/2 mempunyai arsitektur baru dari beberapa bagian adalah proprietary, se­perti konektor baru (socket) untuk key­board dan mouse. Slot ekspansi di de­sain ulang dan bus (jalur elektronik yang menghubungkan slot-slot ini dengan sis­tem) yang dinamakan Micro Channel Ar­chitecture. Arsitektur baru ini membuat IBM PS/2 sulit untuk diduplikat. Saat ini, perusahaan-perusahaan bi­dang industri komputer membuat kom­ponen-komponen yang sesuai dengan slot ekspansi standar IBM PC. Walaupun PS/2 menggunakan prosesor Intel dan software-nya kompatibel dengan IBM PC, tidak ada yang membuat komponen yang sesuai dengan slot ekspansi PS/2. Karenanya, produk ini gagal.

Awal terlahirnya Komputer Laptop ( tahun 1992 )


Setelah muncul laptop seperti Compaq dan IBM portable, IBM Convertible, Macin­tosh Portable, Osborne 1, dan Radioshack TRS-80, tahun 1992 mulai muncul laptop TRS-80. Contoh terakhir adalah adalah IBM Thinkpad 700 dan Apple PowerBook 100. Laptop mempunyai layar LCD dengan berat 2 kg atau lebih. Ketika tidak meng­gunakan listrik, laptop dapat mengguna­kan baterai. Laptop juga memiliki fasilitas untuk menghemat energi dan menggu­nakan prosesor yang irit sumber daya. Feature-feature ini yang membuat laptop cocok dibawa bepergian. Saat ini tersedia laptop dengan berbagai macam kategori, tergantung berat dan feature. Karena ben­tuknya yang tipis, laptop disebut juga notebook.

Awal Era Komputer Intel Pentium di Perkenalkan ( tahun 1993 )


Setelah sukses dengan seri PC AT (pros­esor 80286, 80386, dan 804861, Intel memutuskan bahwa generasi kelima dari prosesor untuk PC harus mempunyai arsitektur baru. Seri ini kemudian dinama­kan ‘Pentium’. Hasilnya, chip Pentium pertama ini tiga kah lebih cepat dari pendahulunya, 80486. Sistem operasi (Windows) dan program aplikasinya dapat memanfaatkan kemampuan prosesor ini untuk menghasilkan hal yang lebih besar, seperti game dengan grafik yang intensif atau suara yang lebih berkualitas. Vendor hardware dan devel­oper software bertomba-tomba membuat produk dan aplikasi yang lebih canggih dan menarik. Intel memperkenalkan prosesor Pen­tium 60 MHz pada bulan Maret 1993, dan PC Pentium generasi pertama muncul di pasaran, kemudan diikuti dengan versi 75 MHz, 90 MHz, 100 MHz, 120 MHz, 133 MHz, dan 200 MHz. Pada tahun 1995, Intel membuat chip Pentium pertama khusus untuk komputer laptop. Selain Intel, pembuat prosesor lainnya adalah AMD, yang produknya kompatibel dengan sistem operasi Windows, aplikasi yang berjalan di atas PC, dan kebanyakan hardware PC. Sampai hari ini, harga kom­puter dengan prosesor AMD berharga le­bih murah daripada computer yang meng­gunakan Intel. Itutah yang menjadi sebab Intel memproduksi prosesor berharga lebih rendah yang disebut Celeron.

Era Komputer Multimedia / Pentium MMX ( tahun 1997 )

Dimulai tahun 1996, aplikasi multimedia (yang menggabungkan teks, grafik, audio, dan animasi) mulai bermunculan. Pembu­at hardware, seperti sound card dan graphic card, bergegas membuat teknolo­gi yang dapat memproses instruksi multimedia. Hal ini disebabkan oleh prosesor yang tidak dapat memproses instruksi multimedia secara simultan. Tahun 1997 Intel mengatasi masalah ini dengan merilis prosesor Pentium MMX. Intel menambahkan instruksi multimedia ke dalam prosesor Pentium dengan teknologi multimedia extensions (MMX). Dengan chip Pentium MMX, menaikan ke­mampuan PC dalam memainkan game atau aplikasi multimedia. Intel juga membuat prosesor generasi ke-enam yang disebut dengan Pentium Pro. Chip-nya dibuat berdasarkan arsitek­tur baru yang disebut P6. Desainnya menggunakan teknik baru dalam mem­proses, seperti superpipelining, dynamic execution, dan on-chip L2 cache membuat performa Pentium hampir dua kah lebih cepat dari Pentium sebelumnya. Namun, chip Pentium Pro diutamakan untuk serv­er (bukan PC).

Komputer Pentium II s/d Pentium IV ( tahun 1998-2005 )

Generasi lain prosesor Pentium dan PC keluar antara tahun 1998 sampai saat ini. Intel mengetuarkan Pentium II, Pentium III, dan kemudian seri Pentium 4. Masing­masing generasi memiliki teknik pemro­sesan baru, dan terfokus pada kecepatan prosesor (saat ini diukur dengan GHz). Prosesor yang lebih cepat mengarah kepada lebih banyak inovasi di bidang multimedia dan aplikasi video. Contohnya, game PC menjadi lebih kaya grafis dan suara yang dihasilkan semakin dekat de­ngan suara dari perangkat hi-fi. Internet juga membawa lebih banyak aplikasi baru seperti untuk chat dan video conference.

Komputer Pentium D (Dual-Core) & Pentium Core 2 Duo ( tahun 2005 )

Intel mengembangkan kemampuan dual chipset dalam satu prosesor untuk lebih mempercepat kinerja dari computer dan kapasitas memory L1 menjadi 2x lipat dari produk Pentium IV sebelumnya dengan memproduksi Pentium Dualcore dan Core 2 duo, yang pada awalnya dipergunakan pada computer jenis laptop. Tetapi pada awal tahun 2006 prosesor dualcore dan core 2 duo ini mulai dipergunakan pada computer jenis desktop. Perubahan regenerasi dari prosesor intel ini di ikuti juga oleh vendor hardware lainnya, seperti AMD juga sudah mulai memperkenalkan prosesor berbasis core 2 duo dengan tipe AMD Athlon 64 x2 yang tidak kalah canggihnya dengan prosesor core 2 duo yang dimiliki oleh Intel. Microsoft juga menyambut perubahan hardware generasi Pentium ini dengan mengembangkan dan merilis generasi baru dari Windows XP, yaitu Windows Vista yang sudah mulai di luncurkan mulai akhir tahun 2006.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: